Manfaatkan Potensi Alam Sulbar, PJ Gubernur Bahtiar Baharuddin Galakkan Penanaman Pohon

Manfaatkan Potensi Alam Sulbar, PJ Gubernur Bahtiar Baharuddin Galakkan Penanaman Pohon

Admin
Sabtu, 22 Juni 2024

 


Jepamandar.com, Mamuju, - Tak henti-hentinya Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Bahtiar Baharuddin, mengambil langkah konkret dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan produksi pangan di wilayah Sulawesi Barat, Sabtu, 22 Juni 2024, Bahtiar Baharuddin bersama Forkopimda dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Sulbar melakukan penanaman pohon sukun di area Kanwil Kementerian Agama Sulbar.

Dalam kesempatan tersebut, Bahtiar Baharuddin menegaskan komitmennya untuk memanfaatkan potensi alam Sulbar dengan pendekatan teologi, keagamaan, dan budaya. Ia menggagas program "sedekah pohon" sebagai bagian dari upaya rehabilitasi lahan dan penghijauan untuk meningkatkan ketahanan pangan di daerah ini.

"Kita menggerakkan pembangunan dengan menggunakan pendekatan teologi, keagamaan dan budaya. Jadi, saya kira kita mau menggandeng itu (kanwil Kemenag), tadi kami sudah menyampaikan bahwa saya sedang menggerakkan sebuah perubahan namanya program sedekah pohon," ujar Bahtiar Baharuddin.



Menurut Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu, jika gerakan sedekah pohon bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat Sulbar, peningkatan produksi pangan akan terasa cepat.

"Nah, ini kalau gerakan sedekah pohon ini bisa dilakukan oleh setiap warga Sulbar, saya yakin kecepatan kita untuk melakukan rehabilitasi lahan, kecepatan kita untuk melakukan penghijauan, kecepatan kita untuk membuat ketahanan pangan, membuat produksi meningkat di daerah ini, khususnya pangan itu bisa lebih cepat, karena semua orang berpartisipasi atas kesadaran dan kemauannya sendiri. Ini yang sedang kita upayakan," ungkap Bahtiar.



Menyambut kolaborasi ini, Plt Kakanwil Kementerian Agama Sulbar, Syamsul, menyatakan dukungan penuh dari pihaknya terhadap program penanaman pohon sukun ini.

"Salah satu amal yang paling banyak pahalanya adalah menanam pohon. Insyaallah, keluarga besar Kanwil Kemenag Sulbar sampai pada kantor Kementerian Agama kecamatan siap mendukung program ini," tutur Syamsul.(*)