Ratih Megasari Singkarru Usulkan Beasiswa untuk Keluarga Kelas Menengah

Ratih Megasari Singkarru Usulkan Beasiswa untuk Keluarga Kelas Menengah

Admin
Rabu, 26 Juni 2024

 

Ratih Megasari Singkarru, Anggota DPR RI Partai Nasdem Dapil Sulawesi Barat.(Foto: Nasdem.net)

Jepamandar.com, Jakarta, - Anggota Komisi X DPR RI, Ratih Megasari Singkarru, menyoroti perlunya pemerintah untuk merevaluasi struktur Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang sedang berlaku saat ini. Dalam pernyataannya, Ratih menyampaikan bahwa model pembiayaan UKT harus dipertimbangkan ulang agar lebih adil dan dapat meringankan beban bagi berbagai kelompok ekonomi.


Menurut Ratih, sistem UKT saat ini masih memiliki potensi untuk dieksplorasi guna memastikan tidak hanya keluarga tidak mampu yang merasakan keringanan, tetapi juga keluarga kelas menengah.


Sebenarnya kelas menengah ini adalah kelompok yang terkadang kita rindukan. Jadi mereka, kan, posisi nanggung. Miskin tidak, kaya juga tidak, tapi tanggung jawabnya juga banyak,” terang Ratih dalam keterangannya, Kamis (13/6). dikutip dari Nasdem.net.




Legislator NasDem yang mewakili Dapil Sulawesi Barat ini mengusulkan pemberian beasiswa sebagai salah satu solusi untuk mendukung pelajar dari keluarga menengah.


Karena prestasi itu, sebenarnya tidak melulu untuk yang tidak mampu, tapi sebenarnya yang di kelas menengah inilah sasaran utamanya. Yang tadi saya bilang mereka ini ada di kelompok tengah-tengah. Jadi mohon perhatiannya juga untuk kelompok yang kelas menengah ini,” kata Ratih.




Ratih, yang akan melanjutkan jabatannya di DPR untuk periode 2024-2029, juga menyoroti kekhawatiran masyarakat terkait potensi kenaikan UKT di tahun mendatang. Ia menekankan perlunya kebijakan pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan.


Memastikan bahwa setiap siswa-siswi kita itu memiliki akses, tidak peduli dengan latar belakang ekonomi mereka seperti apa yang penting mereka memiliki akses ke pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa beban finansial yang berlebihan,” tutupnya.(*)