Tim Puslitbang Polri Tinjau Penanganan Tindak Pidana Siber di Polres Majene

Tim Puslitbang Polri Tinjau Penanganan Tindak Pidana Siber di Polres Majene

Admin
Senin, 24 Juni 2024

(Foto: Polres Majene)

Jepamandar.com, Majene - Tim Peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Ade Djadja Subagdja Yudistira mengunjungi Polres Majene dalam rangka melakukan tinjauan yuridis terhadap tindak pidana siber di wilayah hukum Polres Majene. Kunjungan ini berlangsung pada hari Selasa di ruang data Polres Majene, (25/6/24).


Kedatangan Tim Puslitbang Polri diterima langsung oleh Kapolres Majene, AKBP Toni Sugadri, bersama Kasat Reskrim, Kasi Humas, dan para Kapolsek jajaran. Dalam sambutannya, Kapolres Majene mengucapkan selamat datang kepada Tim Puslitbang Polri dan menyampaikan apresiasi atas kunjungan tersebut.




Kapolres Majene mengungkapkan bahwa di wilayah Majene, kasus tindak pidana di bidang siber cukup sering terjadi, termasuk tindak pidana penipuan dan pencemaran nama baik di media sosial. "Hal ini disebabkan karena masih banyaknya masyarakat Majene yang mudah percaya terhadap postingan di media sosial," tutur AKBP Toni Sugadri.


Sementara itu, Kombes Pol Ade Djadja Subagdja Yudistira menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi kebutuhan dan potensi pembentukan Direktorat Reskrim Siber di tingkat Polda/Polres "Upaya ini juga dilakukan sebagai peningkatan kualitas dan kapasitas SDM Polisi Siber dalam menghadapi tantangan keamanan siber yang semakin kompleks," ujarnya.



Dia berharap kunjungan ini akan menghasilkan rekomendasi yang konstruktif untuk memperkuat infrastruktur dan strategi penanganan kejahatan siber di tingkat kewilayahan, sesuai dengan visi Polri 4.0. 


"Kami berharap selama berada di Polres Majene, kami dapat mengumpulkan dan memastikan data akurat melalui bantuan seluruh personel Polresta Majene," tambah Kombes Pol Ade Djadja Subagdja Yudistira.


Ketua Tim Peneliti Puslitbang Polri menegaskan bahwa kegiatan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan polisi yang modern untuk menghadapi tantangan di dunia maya serta memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam era digital yang semakin kompleks.



Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara tim peninjau dan penelitian Puslitbang Polri dengan personel Polres Majene yang turut serta dalam kegiatan tersebut. Diskusi ini diharapkan dapat menghasilkan wawasan dan masukan yang berharga untuk perbaikan penanganan tindak pidana siber di Polres Majene.(*)