TMMD ke-121 Kodim 1402/Polman, Pulihkan Desa Riso Pasca Banjir dengan Bronjong dan Normalisasi Sungai, Masyarakat Sambut Gembira

TMMD ke-121 Kodim 1402/Polman, Pulihkan Desa Riso Pasca Banjir dengan Bronjong dan Normalisasi Sungai, Masyarakat Sambut Gembira

Admin
Rabu, 24 Juli 2024

 

TNI bersama Warga desa Riso bangun Bronjong untuk antisipasi banjir.

Jepamandar.com, POLMAN - Satu tahun pasca bencana banjir yang menghantam desa Riso, Polewali Mandar, Dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 1402/Polman turun tangan untuk memulihkan kondisi wilayah terdampak. Banjir tahun lalu telah merusak 60 rumah warga, dengan 8 di antaranya mengalami kerusakan parah.


Program TMMD ke-121 Kodim 1402/Polman menyasar pembangunan infrastruktur fisik, terutama pemasangan bronjong dan normalisasi sungai sepanjang 430 meter, serta pengerasan jalan sepanjang 405 meter. Langkah ini diambil menyusul kondisi sungai yang dangkal, yang meningkatkan risiko banjir saat musim hujan.




Melihat kondisi sungai yang begitu dangkal sangat membahayakan masyarakat sekitar bantaran sungai ketika hujan lebat, sehingga perlu dilakukan penanganan segera dengan menormalisasi sungai dan memasang Bronjong. Kata Dansatgas TMMD ke-121 Kodim 1402/Polman, Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan, A.Sos, M.Han, kepada awak media, Kamis (25/7/2024).


"Memang kondisi sungai  sangat memperihatinkan dan menyebabkan masyarakat di bantaran sungai khawatir ketika hujan lebat di pegunungan Karena seketika bisa saja banjir besar", Ungkapnya.


Menurutnya, itulah alasan utama desa Riso menjadi prioritas TMMD ke-121 Kodim 1402/Polman tahun ini.


Lebih Lanjut Dandim 1402/Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan A.Sos, M.Han selaku Dansatgas TMMD ke-121 menyampaikan Progres hari pertama pelaksanaan TMMD di desa Riso.


"Pada hari pertama pelaksanaan, pencapaian untuk pemasangan bronjong sudah signifikan, sebagian besar telah dilakukan sebelumnya pada pra TMMD dua minggu lalu",ujarnya.


Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan juga berharap dukungan dan doa masyarakat Polewali Mandar, khususnya dari desa Riso, agar cuaca tetap mendukung sehingga pelaksanaan berjalan lancar dan aman.


"Kita juga mengharapkan doa dan dukungan masyarakat Polewali mandar, khususnya desa riso agar cuaca tetap mendukung sehingga pelaksanaan berjalan aman dan lancar", ucap Dansatgas TMMD, Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan.


Ulla, seorang warga desa Riso, menyambut gembira inisiatif TMMD tersebut. "Kita sangat bahagia dengan kehadiran bapak-bapak TNI, membuat Bronjong dan memperbaiki sungai, Selama ini kami semua khawatir ketika hujan deras bahkan harus mengungsi ke rumah kerabat karena takut terjadi banjir",ungkapnya.(*)