Bangun Branding Sulbar Melalui Digital, Kominfopers Sulbar Gelar Rakor Perkuat Agen Kehumasan OPD

Bangun Branding Sulbar Melalui Digital, Kominfopers Sulbar Gelar Rakor Perkuat Agen Kehumasan OPD

Admin
Rabu, 07 Agustus 2024




Jepamandar.com, MAMUJU – Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk Agen Kehumasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Sulbar. Acara ini berlangsung pada Selasa, 6 Agustus 2024, di Graha Sandeq, Kompleks Kantor Gubernur Sulbar.


Rakor ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo SP Sulbar, Mustari Mula, yang didampingi oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dian Afrianty. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber berkompeten, yaitu Anno Suparno dan Ratu Saliha, yang merupakan Tenaga Ahli Khusus Gubernur Sulbar.


Dalam sambutannya, Mustari Mula menekankan pentingnya peran Agen Kehumasan dalam mengelola dan menyebarluaskan informasi mengenai program dan kebijakan Pemprov Sulbar. “Saya berharap Agen Kehumasan lebih massif lagi dalam menciptakan branding Sulbar melalui pembuatan rilis kegiatan OPD setiap harinya,” ujar Mustari Mula. Ia juga berharap para peserta dapat menyerap materi yang disampaikan oleh narasumber dan menerapkannya di OPD masing-masing.


Anno Suparno, dalam paparan materinya, menggarisbawahi pentingnya membangun konektivitas Sulbar melalui media digital. Ia menekankan bahwa perkembangan teknologi digital harus dimanfaatkan untuk memperkuat komunikasi dan branding Sulbar. “Daerah dan warga Sulbar sangat layak untuk maju, dan untuk itu, konektivitas melalui media digital harus dibuka seluas-luasnya dan dikelola secara profesional,” ungkapnya.


“Untuk mencapai hal tersebut, maka perlu pengelolaan media digital berbasisi data,” pungkasnya.


Anno juga mendorong pembentukan Media Center Sulbar, yang akan berfungsi sebagai pusat pengelolaan komunikasi dan informasi berbasis digital, termasuk media mainstream dan media sosial. Media Center akan bertanggung jawab atas produksi konten mengenai Pemprov Sulbar serta pengelolaan website resmi Pemprov Sulbar. Tim Media Center akan terdiri dari berbagai profesi, termasuk penulis berita, editor video, fotografer, desainer grafis, dan tim media sosial.


“Second Tim dari Media Center adalah Tim Media OPD Sulbar. Maka penting bagi antar OPD untuk kolaborasi. Dalam dunia digital, tak dikenal lagi persaingan tetapi kolaborasi,” tegas Anno Suparno.


Rakor ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas Agen Kehumasan dalam menyebarluaskan informasi dan memperkuat citra Pemprov Sulbar melalui media digital.(*)