Pemasangan Pompa Hidram di Desa Kelapa Dua Sebagai Solusi Krisis Air Bersih Mulai di Kerjakan

Pemasangan Pompa Hidram di Desa Kelapa Dua Sebagai Solusi Krisis Air Bersih Mulai di Kerjakan

Admin
Sabtu, 03 Agustus 2024

Pompa Hidram Untuk Atasi Krisis Air Bersih Warga Desa Kelapa Dua Mulai Digarap, Minggu 04 Agustus 2024.(foto:*)

Jepamandar.com, POLMAN – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 1402/Polman telah memulai tahap pemasangan pompa hidram untuk mengatasi krisis air bersih di Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar. Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan solusi jangka panjang bagi kesulitan akses air bersih yang sering dihadapi masyarakat setempat, terutama saat musim kemarau.


Dua titik mata air yang telah dinilai layak oleh Dansatgas TMMD, Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan, terletak di Dusun Kelapa Dua dan Dusun Leppan. Pemasangan pompa hidram di dua lokasi ini bertujuan untuk mengalirkan air dari mata air ke pemukiman warga, yang berjarak sekitar 800 meter.


"Semoga pompa bisa beroperasi dengan baik, Mampu mengantar air dari lokasi pompa menuju pemukiman sekitar 800 meter," kata Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan, Minggu (04/08/24).




Menurut Letkol Sabar Panjaitan, konstruksi pemasangan pompa telah dimulai dan debit air yang ada sangat memungkinkan untuk digunakan oleh pompa hidram. "Manunggal air menggunakan pompa hidram adalah salah satu sasaran tambahan TMMD ke-121 Kodim 1402/Polman yang dialihkan ke desa kelapa dua untuk mengatasi masalah krisis air bersih," ujarnya. 


"Ratusan kepala keluarga di desa ini sangat kesulitan air bersih ketika musim kemarau sehingga kita alihkan agar tepat sasaran," Ungkapnya.


Ia menambahkan, program ini juga merupakan bagian dari inisiatif Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak untuk membantu mengatasi kesulitan air bersih masyarakat.




Warga setempat, Muh Hasrullah dari Dusun Kelapa Dua, menyambut baik kehadiran teknologi ini. Ia mengungkapkan terima kasih kepada Satgas TMMD khususnya Kodim 1402/Polman. "Teknologi ini memungkinkan air dari tempat yang rendah dapat dialirkan ke tempat yang lebih tinggi tanpa menggunakan listrik atau bahan bakar. Ini adalah hal luar biasa yang pertama kali kami lihat," ungkap Hasrullah. Ia juga memuji kehadiran anggota TNI yang terus bekerja meski dalam kondisi hujan, menilai ini sebagai wujud kedekatan antara TNI dan rakyat begitu nyata.


Dengan adanya pompa hidram, diharapkan masyarakat Desa Kelapa Dua dapat menikmati akses air bersih yang lebih stabil, terutama di musim kemarau yang sering membuat sumber air menjadi langka.(*)