Penerbangan Mamuju-Balikpapan Resmi Dimulai, Hadir sebagai Kado HUT Kemerdekaan RI ke-79

Penerbangan Mamuju-Balikpapan Resmi Dimulai, Hadir sebagai Kado HUT Kemerdekaan RI ke-79

Admin
Senin, 19 Agustus 2024

 

Maskapai penerbangan Wings Air Buka Rute Penerbangan Mamuju-Balikpapan. (Foto: Dok. Pemprov Sulbar)

Jepamandar.com, MAMUJU - Menjelang puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79, layanan penerbangan rute Mamuju-Balikpapan resmi dibuka pada 16 Agustus 2024. Dengan dibukanya rute ini, Bandara Tampa Padang Mamuju kini melayani penerbangan setiap hari dengan dua jalur utama: Mamuju-Makassar dan Mamuju-Balikpapan.


Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Bahtiar Baharuddin, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah pusat dan maskapai yang telah merealisasikan harapan masyarakat Sulbar. "Ini adalah kado istimewa untuk masyarakat Sulbar dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-79. Dengan adanya akses penerbangan Mamuju-Balikpapan, kini aktivitas penerbangan dari Mamuju berlangsung setiap hari," ujar Bahtiar.


Saat ini, Bandara Tampa Padang Mamuju melayani penerbangan ke Makassar sebanyak empat hari dalam seminggu dan ke Kalimantan tiga hari dalam seminggu. Bahtiar menekankan pentingnya peningkatan kunjungan ke daerah tersebut untuk mendukung kemajuan Sulbar.


"Sekarang aktivitas penerbangan keluar dari Mamuju sudah ada setiap hari. Semua hari sudah bisa keluar dari Mamuju, Empat hari jalur Makassar dan tiga hari jalur Kalimantan . Ini cara kita bagaiaman membawa kunjungan sebanyak banyaknya di daerah ini, daerah ini akan maju kalau banyak kunjungannya," kata Bahtiar.


Maddareski Salatin, Kadis Perhubungan Prov. Sulbar.


Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar, Maddareski Salatin, menjelaskan bahwa peluncuran layanan ini merupakan komitmen pemerintah untuk mempermudah akses ke Ibu Kota Negara (IKN). Pada penerbangan perdana yang dilayani oleh maskapai Wings Air, tercatat 72 persen dari kursi yang tersedia terisi, dengan 21 penumpang dari Balikpapan ke Mamuju dan 38 penumpang dari Mamuju ke Balikpapan.


Untuk saat ini, penerbangan Mamuju-Balikpapan dijadwalkan tiga kali seminggu pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu.


"Penerbangan di hari Jumat 16- 8 -2024 dengan maskapai Wings Air memenuhi 72 persen shet, yaitu 21 orang dari Balikpapan ke Mamuju dan 38 orang dari Mamuju ke Balikpapan," ujar Maddareski.


Maddareski mengatakan, pemerintah optimis Sulbar sebagai penyangga IKN akan lebih intens dan lebih banyak berurusan dengan IKN, sehingga mobilisasi baik orang maupun barang akan semakin meningkat. Olehnya akses penerbangan yang telah diwujudkan melalui PJ Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin menjadi harapan kemajuan Sulbar kedepan.


"Kita optimis ini bisa berjalan dan akan memberi manfaat besar untuk masyarakat," tambah Maddareski.(*)