Pj Gubernur Sulbar Respon Keluhan Kepala Desa Besoangin, Janji Perbaikan Infrastruktur, Tak Perlu Tunggu Tahun 2025

Pj Gubernur Sulbar Respon Keluhan Kepala Desa Besoangin, Janji Perbaikan Infrastruktur, Tak Perlu Tunggu Tahun 2025

Admin
Kamis, 22 Agustus 2024

 

PJ Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin (Baju Putih) Bersama Baharuddin Tamoe Kades Besoangin Utara, Kecamatan Tutar, Kabupaten Polman.(Foto: Dok. Pemprov Sulbar)

Jepamandar.com, POLMAN, – Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Bahtiar Baharuddin, didampingi Wakil Ketua DPRD Sulbar Abdul Rahim dan sejumlah pejabat daerah, mengunjungi Desa Besoangin di Kecamatan Tutar, Kabupaten Polman, pada Kamis, 22 Agustus 2024.


Dalam Kunjungan tersebut, Kepala Desa Besoangin, Baharuddin Tamoe, menyampaikan kondisi miris jalan di desanya yang memprihatinkan bahkan videonya yang menandu warganya menuju rumah sakit viral sampai ke istana.


Baharuddin Tamoe mengungkapkan kesedihannya karena pernah mengalami kejadian tragis di mana seorang warganya meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit akibat kondisi jalan yang buruk. "Tabe Pak Gubernur. Saya pernah mengangkut warga desa ku yang sakit. Tapi karena lokasinya jauh sehingga wargaku meninggal dalam perjalanan", ungkapnya.


Baharuddin juga menambahkan bahwa video tersebut telah viral dan menarik perhatian hingga ke tingkat istana, namun perubahan yang diharapkan belum terjadi.

"Sudah naik di televisi, di media, sudah ditonton oleh pejabat sampai ke Jakarta tapi tidak ada perubahan pak Gubernur", tambah Baharuddin Tamoe.


Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin, setelah mendengar keluhan tersebut, berjanji untuk segera mengambil tindakan. "Baik pak kades. Singkat saja. Tidak perlu menunggu tahun depan 2025. Setelah saya diskusi bersama pimpinan DPRD, atas izin beliau, maka Insya Allah tahun ini kita perbaiki. Nanti Pemprov akan libatkan TNI melalui Karya Bakti TNI," ujar Bahtiar.




Janji tersebut disambut gembira oleh warga setempat yang berdiri dan bertepuk tangan. Baharuddin kemudian terlihat menyampaikan rasa terima kasihnya secara langsung kepada Pj Bahtiar, Pj Bupati Polman Muhammad Ilham Borahima, dan Abdul Rahim, Anggota DPRD Provinsi Sulbar Dapil Polman.

"Saya sangat terharu pak karena ini baru pertamakali ada Pj Gubernur sampai di tempat ini dan saya bisa komunikasi langsung. Terus terang saja, Pj Gubernur lama pernah menjanji tapi tidak ada realisasi" ucap Baharuddin Tamoe.


Abdul Rahim dalam kesempatan tersebut menutup acara dengan memberikan apresiasi kepada Pj Gubernur, "Pak Pj Bahtiar datang ke sini tanpa kepentingan apapun. Tetapi beliau ke sini karena pengabdian dan mau melihat warga Sulbar meningkat dan lebih sejahtera. Sebagai warga Sulbar kita apresiasi dan beri hormat kepada beliau" ujarnya.


Abdul Rahim juga menyoroti alokasi anggaran sebesar 100 miliar rupiah untuk bantuan bibit tanaman hortikultura dan perikanan yang dapat diakses oleh masyarakat.

"Bayangkan, baru kali ini Gubernur menganggarkan senilai 100 M untuk bantuan bibit tanaman hortikultura dan perikanan yang diterima langsung oleh masyarakat. Cukup KTP saja. Insya Allah kami dari DPRD memback up program ini", tutup Abdul Rahim.


Kunjungan ini melibatkan 12 kepala desa dari Kecamatan Tutar dan sekitar seratusan warga yang hadir, baik di bawah tenda maupun di bawah pohon, menyaksikan langsung dialog yang berlangsung lebih dari tiga jam ini.(*)