Hadiri Pelatihan Pengembangan SDM UKM di Majene, Mario Febrian Ibrahim Perkenalkan Potensi Sumber Daya Alam Sulbar

Hadiri Pelatihan Pengembangan SDM UKM di Majene, Mario Febrian Ibrahim Perkenalkan Potensi Sumber Daya Alam Sulbar

Admin
Kamis, 10 Oktober 2024

 

Mario Febrian Ibrahim (tengah) Bersama Andre Suryaman, Owner CV Natural House, dan Tophan Anggoro Putro dari Tradesquare Pty. Ltd.(Foto:*)

Jepamandar.com, Majene, — Mario Febrian Ibrahim menghadiri Kegiatan pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM di Hotel Villa Bogor, Kabupaten Majene, Kamis (10/10/2024), Acara ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan UKM agar dapat bersaing di pasar global melalui kemitraan dengan pelaku usaha besar dan UKM ekspor.


Dalam bincang santai dengan dua pemateri, yakni Andre Suryaman, pemilik CV Natural House, dan Tophan Anggoro Putro dari Tradesquare Pty. Ltd, Mario Febrian Ibrahim memaparkan potensi sumber daya alam Sulawesi Barat, khususnya di Polewali Mandar, yang dapat diekspor, seperti hasil pertanian dan perikanan.




“Untuk Sektor Perikanan, ikan budidaya seperti ikan bandeng, nila, dan lele memiliki potensi besar,” ungkap Mario Febrian Ibrahim.


Andre Suryaman menanggapi positif informasi tersebut dan menyarankan agar data potensi sumber daya alam segera diinput. “Segera input data potensi, kapasitasnya berapa, untuk pengembangan sumber daya alam di Sulbar,” tambahnya. Ia juga menekankan bahwa Kementerian Koperasi saat ini fokus pada pembinaan petani agar mereka dapat naik kelas, serta berharap ada lebih banyak program untuk Sulbar di masa depan.




Sementara itu, Salah satu peserta pelatihan, Saukaddin, yang merupakan Owner Rumah Seni yang bergerak dibidang pengolahan limbah tempurung kelapa yang diolah menjadi kerajinan menyatakan antusiasmenya terhadap kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat bagus karena kami akan difasilitasi untuk bisa ikut pameran di Jakarta,” ujarnya.


Saukaddin, Owner UKM Rumah Seni


Ia berharap Pelatihan ini dapat memberikan dorongan kepada UKM di Sulawesi Barat untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar global, tandasnya.(*)