Kodim 1402/Polman Rayakan HUT TNI Ke-79 dengan Syukuran dan Makan Bersama Masyarakat

Kodim 1402/Polman Rayakan HUT TNI Ke-79 dengan Syukuran dan Makan Bersama Masyarakat

Admin
Sabtu, 05 Oktober 2024

PJ Bupati Polewali Mandar, Muhammad Ilham Borahima Didampingi Dandim 1402/Polman Melakukan Pemotongan Tumpeng Dalam Rangka Syukuran HUT TNI ke-79.(foto:*)

Jepamandar.com, POLMAN – Bertempat di Lapangan Upacara Kodim 1402/Polman, Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan memimpin upacara peringatan HUT TNI Ke-79 tahun 2024. Upacara yang berlangsung sederhana namun khidmat ini mengusung tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju.",Sabtu (05/10/24).


Upacara dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Polewali Mandar, purnawirawan TNI, serta masyarakat umum, menunjukkan dukungan yang kuat terhadap TNI sebagai pilar pertahanan negara. 




Dalam sambutannya, Dandim membacakan amanat Panglima TNI, yang menyampaikan bahwa tema tersebut sangat relevan dalam mencerminkan cita-cita, semangat, dan tujuan TNI. "TNI berkomitmen untuk menjadi prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara," ujarnya.


Dandim menambahkan bahwa peran TNI sebagai penjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI juga mencakup dukungan terhadap percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju. 


Usai upacara, dilaksanakan acara syukuran berupa pemotongan tumpeng dan makan bersama yang dihadiri oleh anggota TNI, Polri, serta masyarakat. Acara ini menghadirkan gerobak bakso dan pedagang UMKM lainnya, dengan tujuan meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM.


"Kegiatan syukuran ini sengaja menghadirkan pedagang UMKM untuk membagi kebahagiaan di HUT TNI ke-79 ini," ungkap Dandim. Ia menekankan bahwa makan bersama mencerminkan tidak adanya sekat antara bawahan dan atasan, serta menegaskan bahwa TNI lahir dari rakyat dan untuk rakyat.




Dandim juga mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda dan seluruh peserta upacara serta masyarakat yang hadir, menegaskan pentingnya sinergitas antara TNI, Polri, dan pemerintah daerah di Polewali Mandar.


"Kebersamaan dan kebahagiaan ini menunjukkan bahwa TNI semakin dicintai oleh rakyat," tutupnya.(*)